Tuesday 28 October 2014

LEISURE PLACE : CAK SAM (C)

No comments:
 
batamtoday.com

            Soto Ayam Cak Sam merupakan sebuah tempat makan di bilangan Jakarta Selatan, tepatnya di perukoan Lotte Mart, Fatmawati. Tempat makan berciri khas Jawa Timur ini pertama kali dibuka di Jakarta pada tahun 2007. Sebelumnya, Cak Sam sudah cukup terkenal di kota-kota lain seperti Batam dan Makkasar. Asal mula Cak Sam dibuka di Jakarta karena adanya penawaran dari salah satu pengelola D’Best yang melihat kesuksesan Cak Sam di Makkasar. Dengan keramaian yang ada di Makkasar, diharapkan terjadi pula di Jakarta dan memberikan dampak positif pada Mall D’Best.

Sama seperti kebanyakan tempat makan UKM berciri khas Jawa Timur lainnya, Cak Sam menawarkan soto ambengan sebagai menu andalannya. Tetapi, mereka juga menawarkan beberapa menu lain sebagai pilihan, seperti, tahu tek, pecel lele, maupun ayam penyet. Walaupun berbeda-beda jenis makanannya, namun mereka tetap memegang erat dasar masakan mereka, yaitu makanan khas Jawa Timur. Tidak sedikit pengunjung yang mengharapkan Cak Sam menjual menu lain seperti sayur asem dan lain sebagainya, namun karna dianggap akan merusak positioning dari Cak Sam sendiri sebagai tempat makan khas Jawa Timur, maka mereka terpaksa mengabaikan permintaan penambahan menu tersebut.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang datang untuk makan di tempat yang beroperasi dari pukul 09.00-21.00 setiap harinya, terutama pada siang hari (jam makan siang perkantoran). Hal itu diakui oleh Pak Didi, salah satu pegawai loyal Cak Sam, “ya ramainya kalau makan siang”,”orang-orang kantor di sekitar sini banyak”. Biasanya para pekerja itu datang beramai-ramai bersama rekan kerjanya.

Yang menarik adalah Cak Sam yang sebenarnya dibuka hanya diperuntukkan sebagai tempat makan, namun yang terjadi adalah konsumen datang bukan hanya dijadikan tempat makan bagi mereka, namun juga tempat berkumpul dan menghabiskan waktu selama jam makan siang berlangsung. Dengan memilih tempat yang strategis dan nyaman namun tetap dengan harga yang terjangkau dan kualitas makanan yang terjaga, Cak Sam berhasil menjadikan tempat makannya sebagai tujuan para pekerja tersebut dalam menghabiskan waktu luangnya ketika jam makan siang. Harga yang ditawarkan Cak Sam untuk jenis makanan adalah sekitar Rp 5,000 – Rp 27,000. Sedangkan untuk minuman dimulai dari harga Rp 2,000 – Rp 12,000.

Dari pertama kali dibuka hingga sekarang, Cak Sam melakukan beberapa perkembangan untuk tetap mempertahankan customers-nya maupun menggarap potential customers. Misalnya dengan cara membuka cabang di beberapa daerah di Jakarta (Blok M dan Lotte Mart Fatmawati) dan juga memberikan pelayanan delivery, meskipun diakui pelayanan delivery tersebut masih sangat terbatas.

Seperti kebanyakan UKM lainnya, Cak Sam sekarang hanya mengandalkan promosi melalui mulut ke mulut. Mereka percaya bahwa dengan adanya pengunjung-pengunjung sebelumnya yang datang ke Cak Sam akan membantu Cak Sam menambah customers. Sebenarnya dahulu pertama kali Cak Sam Jakarta dibuka, untuk menarik pengunjung mereka berusaha menyebarkan flyer dan juga memberikan promosi makanan untuk memperkenalkan makanan mereka, namun hal tersebut sudah tidak dilakukan lagi oleh pihak Cak Sam.

alamatku.detik.com

No comments:

Post a Comment

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff