Wednesday, 29 October 2014

LEISURE PLACE : JAKARTA BOWLING CENTER (B)

No comments:
 
Di Jakarta tidak banyak tempat untuk memfasilitasi permainan Bowling. Sejauh ini baru terdapat 3 tempat, dan salah satunya adalah Jakarta Bowling Center. Arena bowling ini dibuka sejak tahun 2005 di Plaza Festival, Kuningan. Tujuan utama sang pemilik membuka tempat bowling adalah ingin memasyarakatkan permainan bowling yang dahulu belum familiar bagi warga Jakarta, selain itu dengan adanya tempat bowling di Jakarta, diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit pemain bowling di Jakarta.

Penentuan Lokasi Jakarta Bowling Center diawali dengan adanya bantuan dari PEMDA yang bersedia menyediakan lahan untuk dikelola sebagai arena bermain bowling. Dilain sisi, terlihat pula peluang yang besar dengan membuka tempat bowling yang besar di daerah Kuningan, dimana menyatu dengan gelanggang mahasiswa Soemantri Brodjonegoro dan berdekatan dengan perkantoran.

Lokasi memang merupakan salah satu keunggulan dari Jakarta Bowling Center. Pasalnya, walaupun terdapat beberapa competitor yang membuka dan menutup tempat bowling-nya, namun dari 9 tahun yang lalu, Jakarta Bowling Center berhasil bertahan. Bukan hanya bertahan, tetapi Jakarta Bowling Center dapat berhasil mencapai target customers yang diharapkan. Bapak Gatot, manager dari Jakarta Bowling Center mengakui bahwa untuk after office hours, arena bermain yang beroperasi dari pukul 11.00-22.00 ini selalu dipenuhi oleh pengunjung dan lane mereka hampir tidak pernah kosong. Namun, yang masih diharapkan adalah pengunjung pada jam-jam pagi hingga siang hari.  

Strategi yang dilakukan pihak management Jakarta Bowling Center selama ini bermacam-macam untuk mendatangkan pengunjung. Mulai dari awal ketika tahun pertama hingga ketiga mereka membuka outlet di Plaza Festival tersebut, mereka melakukan promosi melalui flyer dan juga poster. Namun, setelah tahun ketiga berlalu dan mereka sudah mendapatkan pengunjung yang cukup banyak, mereka sudah tidak lagi menggunakan cara tersebut, melainkan berpindah ke media internet, seperti Facebook. Tetapi, sayangnya media tersebut juga ternyata kurang dipergunakan dengan maksimal oleh pihak Jakarta Bowling Center. Padahal, menurut pengakuan Bapak Gatot, mereka masih mencari target customers untuk kalangan mahasiswa dan juga ibu rumah tangga yang memungkinkan untuk datang pada office hours, dan dengan bantuan Facebook yang aktif, dapat membantu mereka menangkap potential costumers di kalangan mahasiswa maupun ibu rumah tangga.

Dalam menjalankan bisnisnya dan untuk mencapai tujuan utama dari pembukaan Jakarta Bowling Center, beberapa tahun belakangan ini, management memutuskan untuk mengadakan tournament dalam tingkatan nasional. Tournament tersebut diadakan untuk kalangan pelajar (dari SD hingga kuliah), tentu saja tujuannya untuk memunculkan bibit-bibit unggul dalam bidang bowling. Dilain sisi, dengan adanya turnamen ini, yang diadakan di Jakarta Bowling Center, Plaza Festival, secara tidak langsung meningkatkan awareness dan knowledge customers terhadap tempat tesebut.

Seperti halnya bisnis-bisnis lain, Bowling Alley ini juga tidak lepas dari adanya complain dari customers yang datang. “Sepatunya bau trus banyak yang udah rusak, bola sama lane bowling-nya juga udah rusak”, merupakan keluhan dari salah satu customers yang datang. Bapak Gatot pun juga merasa mendapatkan keluhan yang sama dari beberapa customers yang datang. Oleh sebab itu, pihak management dari Jakarta Bowling Center, baru-baru ini mengadakan pembaharuan sepatu dan juga bola bowling sehingga dapat meningkatkan customers value untuk customers.



Untuk dapat bermain di Jakarta Bowling Center biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 250,000/jam-nya untuk satu lane dan mendapat pinjaman bola bowling dan kaos kaki gratis. Dan untuk mahasiswa/pelajar diberikan harga khusus, untuk permainan setiap hari Senin, pelajar bisa membayar sebesar Rp 10,000/game. Namun, biaya tersebut masih diluar peminjaman sepatu, untuk dapat meminjam sepatu bowling, kita harus menambah biaya Rp 10,000.




aneganindita.blogspot.com

with manager Jakarta Bowling Center : Bapak Gatot


No comments:

Post a Comment

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff